Sunday, August 31, 2014

Matrikulasi UNHAN 2014

2009, saat keterima di IPB, aku tidak mengikuti matrikulasi karena masuk lewat jalur Ujian Talenta Mandiri. Matrikulasi hanya untuk mahasiswa yang melalui jalur USMI (Ujian Seleksi Masuk IPB). 2014, saat keterima di UNHAN, aku wajib mengikuti matrikulasi sebagai syarat untuk mengikuti perkuliahan yang dimulai 2 september 2014. Bagiku, matrikulasi adalah pemanasan sebelum memulai perkuliahan yang sesungguhnya.

Bahasa Indonesia, analisis kualitatif, analisis kuantitatif dan matematika dasar menjadi menu sajian kami pada matrikulasi. Jadwal sangat ketat, dimulai pukul 08 pagi s/d pkl 4 sore pada hari senin sampai jumat selama 3 minggu di bulan Agustus. Matrikulasi wajib seluruh mahasiswa, bila tidak masuk mahasiswa harus memberikan surat dengan alasan yang jelas.

Bahasa Indonesia, kami dibekali dengan jenis-jenis bentuk tulisan, kalimat efektif, kalimat aktif-pasif dan tata penulisan lainnya sesuai EYD. Sangat menarik, kami diperkenalkan kembali bentuk tulisan narasi, deskripsi, eksposisi dan argumentasi serta persuasi. Lalu kami diberi tugas untuk membuat tulisan, dikumpul lalu diniliai. Meski nilai tidak masuk dalam hitungan SKS, mahasiswa terlihat senang mengerjakan tugas menulis.

Kualitatif, kami diperkenalkan denga paradigma terkait kualitatif. Ada paradigma positivisme, interpretif dan kritis. Awalnya kami diberi pertanyaan yang bersifat pilihan. Timbul banyak jawaban sesuai argumen masing-masing. Ternyata dosen tidk memberikan mana jawaban yang benar dan salah. Semua dikembalikan kepada mahasiswa sesuai kepercayaan masing-masing (maksudnya berdasarkan mahasiswa menggunakan paradigma apa). Aku menangkap, kualitatif mengajarkan kita untuk lebih  bijak dalam memandang suatu permasalahan, karena kualitatif tidak untuk men generalkan.

Sebagai contoh, ada perempuan yang menginginkan suaminya poligami. Mungkin perempuan ini termasuk golongan minoritas maka sangat menarik bila dikaji. Pertanyaan yang sering muncul dalam kualitatif adalah mengapa dan bagaimana.

Kuantitatif mahasiswa belajar software penggunaan SPSS dalam penelitian. Sifat dari kuantitatif yaitu untuk mengetahui jawaban dari suatu permasalahan dalam suatu populasi. Kuantitatif untuk mengetahui hal yang bersifat umum.

Selain belajar, yang menarik dari matrikulasi adalah kebersamaan saat makan siang karena kami makan di dalam ruangan makan secara bersama-sama. Terlebih, matrikulasi sebagai ajang perkenalan lebih dalam dengan keluarga besar UNHAN khususnya angkatan 2014. Selesai matrikulasi, selamat datang di kelas baru yaitu Disaster Management for National Security. 

No comments:

Post a Comment

Ayo dong komentar, terima kasih